Buat Kamu yang Cape Kerja dan Ingin Beristirahat, Konsumsi 9 Makanan Ini Bisa Bikin Cepat Mengantuk Loh!

Selama ini orang-orang hanya tahu makanan atau minuman yang akan membuat mereka betah melek alias semangat terus sehingga terhindar dari rasa kantuk. Namun ternyata ada juga loh makanan yang dapat memicu rasa kantuk. Wahhhhh beneran nih???

Kalau kamu yang lagi cape dan pengen cepet-cepet istirahat sih kudu wajib dan cucok banget nih konsumsi makanan ini karena akan sangat membantu. Nah lain hal dengan kamu yang punya jadwal padat, pekerjaan menumpuk, atau acara penting, harus hati-hati nih dalam memilih makanan, jangan-jangan kamu menyantap makanan yang dapat menyebabkan rasa kantuk ini dan merusak jadwal kegiatan harianmu. Duh jangan sampai ya! Nah oleh sebab itu yuk intip apa aja sih makanan yang bisa memicu kantuk?

1. Produk Susu

Di antara semua produk susu yang membuat cepat mengantuk, keju memiliki efek yang paling ‘keras’. Itu karena keju mengandung kalsium dalam jumlah besar.

Kandungan kalsium yang ada pada keju ini akan memacu otak memanfaatkan tryptophan yang memproduksi melatonin, hormon penyebab kantuk.

 

2. Almond

Almond kaya akan tryptophan. Asam amino yang memproduksi melatonin yang sering dikenal sebagai ‘hormon tidur’. Selain itu, kacang-kacangan ini mengandung magnesium yang berfungsi melemaskan ketegangan otot dan membuat kalian merasa mengantuk.

 

3. Pisang

Gula, kalium, dan magnesium dalam pisang akan menciptakan tryptophan yang akan masuk ke otak dan menyebabkan kantuk.

 

4. Kenari

Kenari mengandung tryptophan lebih sedikit dari almond, namun mampu menghasilkan melatonin sendiri. Penelitian menunjukkan, kenari meningkatkan tingkat hormon ini dalam darah dan membuat kalian merasa cepat mengantuk.

 

5. Buah Ceri

Ceri, khususnya ceritart, memiliki kandungan melatonin yang relatif tinggi. Makan segenggam ceri segar tidak akan membuat kalian mengantuk. Tetapi, minum segelas jus ceri akan membuat kalian cepat mengantuk dan tidur dengan pulas.

 

6. Teh Bunga Kamomil

Bunga Chamomile kaya akan glisin, asam amino yang memiliki efek obat penenang ringan yang melemaskan otot-otot dan sistem saraf. Setelah minum secangkir teh chamomile, kalian dipastikan hampir tidak bisa menjaga mata tetap terbuka, alias mengantuk berat.

 

7. Biji Labu

Selain tryptophan, biji labu mengandung seng dan magnesium dalam jumlah besar. Senyawa ini membuat kalian tenang dan santai. Selain itu, kalian tidak akan bisa menahan godaan untuk tertidur selama beberapa menit.

 

8. Nasi Putih

Kalian pasti sudah pernah merasakan setiap kali habis makan pasti merasa mengantuk. Ya, itu karena nasi putih mengandung indeks glikemik yang sangat tinggi. Indesk glikemik yang tinggi dapat menyebabkan kalian tertidur 3 sampai 4 jam. Para peneliti menemukan bahwa beras melati, khususnya, membuat kalian lebih cepat tidur daripada jenis beras lainnya.

 

9. Minyak Ikan

Asam yang terkandung dalam salmon, tuna, dan ikan berminyak lainnya meningkatkan produksi melatonin. Asam ini mengurangi tingkat hormon stres dalam darah. Jadi satu-satunya hal yang ingin kalian lakukan setelah mengonsumsi minyak ikan adalah tidur.

 

Sumber: www.dream.co.id

You may also like...