10 Aplikasi Chatting yang Populer Dulu Hingga Kini, Kamu Pernah Pakai yang Mana?

Duhh perkembangan teknologi dan informasi memang gak ada habisnya, sampai-sampai orang-orang yang dulunya berkomunikasi secara tatap muka berpindah menjadi komunikasi melalui mobile. Tentu saja orang menjadi jarang bertemu akibat perkembangan teknologi ini. Nggak bisa dipungkiri juga sih bahwa hampir semua orang doyan banget chatting dengan smartphone atau ponsel cerdasnya, gak chattingan rasanya gak afdol…Berkembangnya tren chatting lewat ponsel, bikin banyak bermunculannya aplikasi chatting. Mulai yang tampilan dan fungsinya simpel (untuk chatting saja) sampai yang bisa kirim dokumen dan video juga ada.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut dilansir dari IDN Times mengumpulkan beberapa aplikasi chatting yang sempat populer dulu hingga kini. Kamu pernah pakai yang mana nih?

1. mIRC

Sumber: mirc.en.softonic.com

Muncul bersamaan dengan saat Friendster populer, mIRC adalah aplikasi yang paling banyak dipakai dan dibicarakan dahulu. Untuk mengaksesnya kamu wajib punya PC atau laptop, karena mIRC memang gak ada versi mobile-nya.

mIRC ini termasuk aplikasi random dulunya. Pasalnya, kamu wajib pakai nickname yang unik dengan kombinasi angka dan huruf. Kamu gak akan pernah tahu bagaimana penampilan lawan chattingmu kalau gak saling tukeran alamat Friendster di chat room.

Uniknya, nickname di mIRC ini bisa berubah tiap hari. Asyik kan?

2. MIG33

Sumber: crazynapi.com

Selain mIRC, dulu aplikasi chatting MIG33 ini juga populer banget. Untuk aplikasi chatting kala itu, MIG33 termasuk yang paling lengkap mengusung fitur.

Seperti fitur chatting berkelompok, fitur KICK yang bikin kamu bisa menendang orang lain yang rese atau gak disuka dari chat room dan ada pula fitur flooding yang berfungsi untuk mengirim pesan secara terus-menerus secepatnya dan pesan yang bisa berakibat pada ngelag-nya room chat.

 

3. Nimbuzz

Sumber: nimbuckz.net

Sebelum aplikasi seperti LINE eksis banget sekarang, Nimbuzz adalah aplikasi paling lengkap pilihan remaja awal 2000-an. Soalnya, Nimbuzz memang mengusung banyak fitur menarik dan bisa dibilang cukup lengkap.

Seperti misalnya, fitur menelepon ke jaringan internasional tanpa pulsa alias hanya mengandalkan kekuatan jaringan internet. Lalu ada fitur lacak lokasi teman yang fungsinya untuk mengatur pertemuan tatap muka dan juga ada fitur Buzz atau semacam Ping di BlackBerry Messenger. Bedanya, fitur Buzz ini secara otomatis dapat mengaktifkan aplikasi Nimbuzz di ponsel lawan chattingmu.

 

4. Bing

Sumber: terbiasinfo.com

Sebelum smartphone eksis seperti sekarang, ponsel berbasis JAVA dan Symbian jadi pilihan banyak remaja awal 2000-an. Meski hanya berbasis JAVA dan Symbian, sudah banyak aplikasi yang ditawarkan termasuk aplikasi chatting bernama Bing ini.

Keunggulan dari aplikasi ini adalah kemampuannya mengirim foto secara langsung. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkanmu dapat teman baru dari yang bukan jaringan ke daftar kontak. Asyik kan?

 

5. Yahoo Messenger

Sumber: yahoo_messenger.en.downloadastro.com

Siapa sih yang gak kenal aplikasi chatting satu ini? Remaja awal 2000-an pasti sudah sangat kenal aplikasi chatting yang dulu terintegrasi dengan layanan Yahoo.

Keunggulan aplikasi ini adalah kemampuannya mengirim teks chatting secara realtime, banyak emoticon yang disediakan, bisa dibuat telepon dan juga video call. Asyiknya, aplikasi yang juga akrab disapa YM ini dulu juga bisa digunakan lintas aplikasi semisal dengan MSN dan Facebook.

 

6. BlackBerry Messenger

Sumber: marcellapurnama.com

Setelah ponsel BlackBerry jadi populer di Indonesia, nama aplikasi berkirim pesan BlackBerry Messenger pun juga jadi populer. Fiturnya yang amat lengkap (kala itu) dan personalisasi pin untuk bisa dijadikan teman menjadi daya tarik tersendiri dari aplikasi chatting satu ini.

Aplikasi BBM ini masih cukup populer kini di Indonesia karena memang banyak orang kepincut dengan fitur unggulannya seperti Ping, ngeadd orang baru dari pin, bisa update status, dan bisa chat bersama dengan beberapa orang sekaligus dalam wadah bernama grup.

 

7. Facebook Messenger

Sumber: techspective.net

Aplikasi ini pas awal-awal munculnya sangat populer. Ya, sebelum berdiri sendiri aplikasi Facebook Messenger digemari karena kamu gak perlu keluar dari Facebook yang kala itu masih menjadi sosial media pujaan hanya untuk chatting dengan temanmu.

Meski kini Facebook Messenger sudah berdiri sendiri, tapi penggunanya masih cukup banyak. Soalnya, Facebook Messenger memang menyediakan beragam fitur pelengkap seperti stiker, kemampuan video call, mengirim file, dan lainnya.

 

8. LINE

Sumber: mashable.com

Bunyi aplikasi yang khas jadi kekuatan LINE. Selain itu, banyaknya stiker yang disediakan juga jadi kekuatan aplikasi chatting asal Jepang ini jadi populer di Indonesia.

LINE kini penggunanya makin banyak, soalnya memang makin banyak fitur yang ditawarkan seperti LINE Today, video call, menelepon, personalisasi tampilan profil layaknya sosial media.

 

9. WhatsApp

Sumber: windowscentral.com

WhatsApp jadi populer dan banyak digunakan, karena dinilai paling simpel dari aplikasi chatting lainnya. Gak berat dan banyak fitur pendukung juga jadi salah satu alasan kenapa aplikasi chatting WhatsApp disukai.

WhatsApp kini gak cuma bisa dipakai untuk chatting saja, melainkan video call, telepon dan berkirim pesan atau file. Kini WhatsApp juga sudah dilengkapi dengan fitur keamanan tingkat tinggi yang memungkinkanmu bebas dari peretasan.

 

10. Telegram

Sumber: dignited.com

Satu lagi aplikasi chatting populer, Telegram. Aplikasi ini simpel dan tampilannya mirip banget sama WhatsApp. Bedanya, aplikasi ini fitur keamananya lebih tebal. Selain itu kamu juga bisa main games di aplikasi ini. Asyik kan?

Nah itu dia 10 aplikasi chatting yang sempat populer dulu hingga kini. Aplikasi chatting mana nih yang jadi idolamu dan sering kamu pakai? Yuk kasih comment kamu di bawah ini Sobat Evoucher!

 

Sumber: tech.idntimes.com

You may also like...